Hindari Kecelakaan Lalu Lintas, Polisi di Sanggau Rela Bersihkan Pasir Berserakan di Jalan

oleh
Anggota Satlantas Polres Sanggau Saat Membersihkan Pasir Yang Berserakan di Badan Jalan. Foto : Indra

SANGGAU – Tidak seperti biasanya, sejumlah polisi dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sanggau turun ke jalan mengatur lalu lintas, Kamis (26/10/17), para petugas kepolisian ini justru terlihat membawa sapu. Sejumlah anggota Satlantas itu tanpa ragu membersihkan sepanjang jalan di Kota Sanggau dari hamparan pasir yang bertebaran di jalan.

Bukan tanpa alasan para polisi ini rela menyapu jalan berpasir, karena jika dibiarkan maka bisa membuat pengendara sepeda motor tergelincir sehingga mengalami kecelakaan. Kegiatan yang dimulai pagi hingga siang hari itu dipusatkan di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, Kota Sanggau.

Kepada awak media, KBO Lantas Polres Sanggau, Iptu Halasan Manurung, Kamis (26/10/17) menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas karena pasir dan tanah dapat membuat daya cengkram ban menjadi tidak berfungsi (slip).

“Bahaya pasir dan tanah yang bertebaran di jalan ini. Kami khawatir, terutama yang pakai sepeda atau sepeda motor bannya slip malah bikin hal nanti. Makanya kami berinisiatif saja bersama anggota lalu lintas untuk membersihkannya di beberapa lokasi,” kata KBO.

Dikatannya, kecelakaan di jalan raya bukan hanya karena human error saja, tetapi keberadaan pasir dan tanah yang seperti ini (berada di badan jalan) juga bisa jadi penyebabnya. Oleh karenanya, sebelum kejadian harus sudah diantisipasi.

“Ya kedepan jangan ada yang begini lagilah untuk keselamatan bersama. Kita mana tahu, walau nampaknya sepele tetapi bisa menimbulkan bahaya yang besar bagi pengguna jalan,” pungkasnya.

KBO berpesan kepada segenap pengguna jalan terutama yang menggunakan sepeda dan sepeda motor agar berhati-hati di jalan yang terdapat pasir.

Dalam hal ini, ia pun meminta untuk tidak memacu kendaraan di jalan berpasir sebab bisa berbahaya bagi pengguna jalan.

“Kalau lewat jalan begini sebaiknya kecepatan dikurangi untuk menghindari ban slip,” pesannya. (Indra)