Sebabkan Macet, Dishub Pontianak Bakal Kaji Ulang ‘U-Turn’ SPBU OSO

oleh
Utin Srilena Candramidi

PONTIANAK – Dinas Perhubungan kota Pontianak akan mengkaji kembali ukuran “U-Turn” atau belokan yang justru dapat menimbulkan kemacetan panjang.

“Yang sekarang U-turn SPBU OSO itu kan nanti akan diatur kembali untuk lebarnye, kan selama ini lebarnye sangat kecil, nanti akan dilebarkan. Itu juga salah satu cara untuk mengatasi jangan sampai terjadi Laka,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi di Pontianak, Rabu (25/10/17).

Utin mengakui jika di kota Pontianak banyak memiliki tikungan U-turn yang harus dibenahi dan terkadang menyebabkan kemacetan kendaraan. Namun pihaknya enggan menutupnya, dikarenakan justru bisa menimbulkan kemacetan yang lebih parah.

“Macetnya semakin panjang nanti, kita sudah kaji, kita sudah miliki laporan harian lalu lintas. Berapa panjang kendaraan, luas kendaraan, hingga berapa banyak kendaraan,” papar Utin.

Sementara itu terkait U-turn di depan Pengadilan negeri Pontianak, Utin mengatakan itu sudah sesuai kajian, dan tidak ada menyebabkan kemacetan yang parah.

“Itu dikarenakan disitu sering terjadi kecelakaan di simpang Podomoro, nah makanye kite buat batas akhir median bloknye sebelum pengadilan negeri, agar arus lalu lintas bisa memutar balik. Pagi hari ada petugas juga, kalau siang hari lancar-lancar saja,” ujar Utin. (Dede)