Dinkes Kapuas Berencana Rekrut 10 Dokter Kontrak

oleh
Ilustrasi - Puskemas

KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah berencana menambah tenaga dokter puskesmas. Pasalnya, banyak Puskesmas di beberapa kecamatan di daerah setempat sampai saat ini belum memiliki dokter.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi, dari sebanyak 26 Puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan di Kapuas, ada lebih 10 Puskesmas yang belum memiliki tenaga dokter.

“Ada sepuluh lebih Puskesmas yang belum punya dokter,” katanya di Kuala Kapuas, Rabu (25/10/17).

Oleh karena itu, Dinkes Kapuas akan mengusulkan kepada Pemkab Kapuas untuk penambahan tenaga dokter kontrak.

“Mudah-mudahan usulan kami ini juga disetujui oleh DPRD, saya akan cari dokter paling tidak sebanyak sepuluh orang untuk mengisi Puskesmas yang tidak ada dokter,” terang Apendi.

Selain itu, lanjut Kadinkes Kapuas, pihak juga berupaya mendapatkan bantuan tambahan tenaga  dokter melalui Program Nusantara Sehat, dimana program ini melibatkan sejumlah tenaga kesehatan seperti dokter, bidan, perawat, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan lingkungan, analis kesehatan, dan tenaga kesehatan masyarakat di dalam satu tim kerja.

“Mudah-mudahan ini berhasil, karena tim Program Nusantara Sehat ini dibiayai oleh pemerintah pusat. Jadi, nanti kita akan menyampaikan informasi ke pusat  bahwa Kapuas ada kekurangan tenaga,” pungkasnya. (irs)