Warga Martapura Tumpah Ruah Saksikan Kirab Santri

oleh
Salah satu peserta kirab santri di Martapura

MARTAPURA – Ribuan warga yang datang dari seluruh penjuru Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, tumpah ruah di malam puncak peringatan hari santri yang digelar Kirab Santri di halaman kantor Bupati Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (24/10/17).

Kirab Santri merupakan rangkaian puncak dari peringatan hari santri nasional yang digelar oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Banjar dengan sejumlah lomba dan festival bernuansa budaya islami.

Bupati Banjar, H. Khalilurrahman dengan wajah penuh haru mengangkat bendera start iring-iringan ribuan santri peserta Kirab  dari 26 pondok pesatren  yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar.

Santri peserta kirab berjalan dari halaman kantor Bupati Banjar menuju finis di Alun-alun Ratu Zaleha Martapura dengan menggunakan pakaian ala santri dan membawa obor sambil melantunkan Shalawat Maulid Habsyi.

Ribuan warga yang datang dari seluruh penjuru Kabupaten Banjar untuk menonton Kirab Santri tampak antusias menikmati aktraksi pawai obor dan ikut larut dalam lantunan shalawat dari peserta Kirab, bahkan tidak sedikit warga yang juga ikut melantunkan shalawat maulid habsyi.

Bupati Banjar, H. Khalilurrahman dalam sambutannya sangat mengapresiasi partisipasi para santri yang membludak dalam malam puncak peringatan hari santri nasional dengan ikut serta sebagai peserta kirab santri.

Khalil berpesan agar santri harus terus berkreasi dan berinovasi serta ikut mendukung untuk membawa Kabupaten Banjar menuju pada sejahtera dan barokah.

“Santri harus terus berkreasi dan berinovasi serta ikut mendukung Kabupaten Banjar menuju sejahtera dan barokah,” ucapnya.

Khalil juga berjanji melihat antusias warga yang tumpah ruah untuk menonton dan peserta kirab santri yang membludak, serta akan menggelar peringatan hari santri nasional bernuansa budaya islami yang lebih meriah lagi pada tahun akan datang. (Pri)