Pendapatan Kapuas Telah Terealisasi 74,82 Persen

oleh
Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas Triwulan III Tahun 2017

KUALA KAPUAS – Pendapatan daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah hingga triwulan III tahun 2017, telah terealisasi sebesar Rp 1,2 triliun lebih atau 74,82 persen dari target Rp 1,6 triliun lebih.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan daerah triwulan III tahun 2017 yang berlangsung di aula Kantor Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Senin (23/10/2017). Rapat yang dihadiri seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) ini dipimpin oleh Sekdakab Kapuas, Rianova.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Kapuas, Andres Nuah, mengatakan, rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan dilaksanakan bertujuan untuk menyatukan dan menyamakan persepsi terhadap peningkatan pendapatan daerah Kabupaten Kapuas.

Selain itu untuk mengevaluasi hasil kinerja Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2017 dari masing-masing OPD penghasil dan kecamatan se Kabupaten Kapuas. Kemudian mengkoordinasikan permasalahan yang timbul di kecamatan, kelurahan, desa dan wajib pajak agar target PAD dapat tercapai.

“Tujuan selanjutnya untuk menggali dan mengoptimalkan potensi pendapatan asli daerah dan merumuskan strategi penyelesaian masalah penerimaan PAD,” terang Andres Nuah.

Sedangkan Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulis dibacakan Sekdakab Kapuas, Rianova, mengatakan, melalui rapat ini maka dapat diketahui permasalahan dan hambatan yang dihadapi ditingkat lapangan sehingga dapat diambil langkah cepat dalam mengkoordinasikan upaya pemecahan dan solusinya.

Seperti diketahui, saat ini telah memasuki triwulan ke IV. Untuk itu ia mengharapkan kepada semua pihak agar bisa berkoordinasi dan bekerjasama untuk merealisasikan target pendapatan yang telah ditetapkan melalui APBD tahun 2017.

“Saya menyadari bahwa dalam upaya peningkatan pengelolaan peningkatan PAD banyak kendala, seperti pengaruh ekonomi masyarakat sehingga sangat terasa sekali dampaknya kepada penerimaan daerah,” ujarnya.

Adapun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kapuas hingga triwulan ke III tahun 2017 telah terealisasi sebesar Rp63 miliar lebih atau 67,23 persen dari target Rp95 miliar lebih. Dana perimbangan terealisasi sebesar Rp1 triliun lebih atau 76,83 persen dari target Rp1,3 triliun lebih. Sedangkan lain-lain pendapatan yang sah terealisasi Rp148 miliar atau 66,17 persen dari target sebesar Rp225 miliar lebih. (irs)