PDAM Barito Utara Lakukan Pengurasan Bak Penampungan Air Baku

oleh
Direktur PDAM Agus Surjanto saat memeriksa pekerjaan pengelasan pipa, Senin (23/10/17). Foto : Bani

MUARA TEWEH – Balai wiilayah Sungai Kalimantan 2, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, saat ini telah membangun jaringan air dengan besaran kapasitas 200 liter perdetik. Pembangunan itu bertujuan untuk menambah kapasitas jaringan air yang ada di PDAM Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Direktur PDAM Barito Utara, Agus Surjanto, Senin (23/10/17) mengatakan kepada B-ONETV, bahwa pembangunan kapasitas jaringan air itu sudah hampir selesai dengan menelan anggaran dari APBN kurang lebih Rp 17 miliar tahun 2017.

Menurutnya, saat ini pembangunan tersebut,sudah dalam tahap koneksi dengan pipa jaringan yang ada. Diantaranya melakukan pengelasan pada pipa penampungan air baku.

“Kita targetkan dua hari pengerjaan sudah selesai dan distribusi air pada pelanggan sudah normal kembali, “kata Agus Surjanto.

Sebelum dibangun, PDAM Barito Utara hanya memiliki satu tempat penyimpanan air baku. Sehingga bila dilakukan pengurasan, maka pelayanan dihentikan. Tapi dengan sistem yang ada sekarang sudah ada dua unit penyimpanan air baku dan nanti pada waktu pengurasan tidak perlu dihentikan pelayanan kepada pelanggan.

Sebelum dilakukan penambahan, kapasitas PDAM hanya mampu memproduksi air sekitar 145 perdetik, tapi dengan penambahan, kapasitas itu lebih besar. Oleh karena itu, nanti dengan sistem yang ada sekarang sudah mampu mengatasi seluruh pelanggan, khususnya untuk kota Muara Teweh.

Sebelumnya memang pelayanan masih kurang maksimal karena air yang mengalir untuk pelanggan umumnya di wilayah dataran tinggi tidak sama dengan dataran rendah. Tapi dengan sistem saat ini itu bisa diatasi, karena kapasitasnya sudah lebih besar.

Dijelaskannya, setiap tahun jumlah pelanggan semakin banyak. Hal ini, juga tak lepas dari pertumbuhan penduduk warga perkotaan. Dalam mengimbangi itu, maka PDAM juga harus berinovasi. Salah satunya memperbesar kapasitas,agar seluruhnya terlayani sesuai dengan harapan masyarakat. (Bani)