PAUD Asa Bunda Jeranai Harus Cetak Generasi Cerdas

oleh
Wakil Bupati dan rombongan disambut meriah anak anak SD dan PAUD Dusun jeranai Desa Lintang Kapuas Kecamatan Kapuas

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meresmikan gedung PAUD Asa Bunda, Dusun Jeranai, Desa Lintang Kapuas, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Senin (23/10/17). Dalam sambutannya, Pemerintah Kabupaten Sanggau sangat berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada masyarakat Dusun Jeranai atas partisipasi dan dukungan terutama pihak Desa yang telah berinisiatif membangun Gedung PAUD melalui anggaran yang ada di Desa.

“Kta memberi kewenangan kepada Desa bagaimana mengelola Dana Desanya, karena diketahui bersama bahwa APBD kita yang tidak mencukupi tentulah dibantu dengan ADD yang saat ini rata rata Rp1,3 – Rp1,4 milyar per Desa. Kita juga mengharapkan agar Desa  berupaya menambah Dana Desa dengan menggali segala potensi yang ada,” kata Ontot.

Menyangkut PAUD ini, Ontot berharap dimanfaatkan dengan sebaik baiknya untuk mencetak generasi muda Jeranai yang cerdas.

“Pada Bapak Ibu dan Guru PAUD untuk sungguh-sungguh mengajar, membimbing dan mendidik anak-anak karena mereka kita persiapkan untuk meneruskan pembangunan dan kelangsungan bsngsa dimasa yang akan datang,” katanya.

Jika Generasi saat ini dipersiapkan dengan baik, maka hasilnya tentu akan baik. Begitu pula sebaliknya, Pemerintah Kabupaten Sanggau sangat konsisten terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia tahun 2018.

“Kita sudah mulai menerima mahasiswa baru Politeknik yang berlokasi di exs Gedung Dinas Kehutanan dan Perkebunan komplek Sabang Merah Sanggau. Dengan permulaan kita terima lebih kurang 30 mahasiswa baru, kita harus semangat dan berkomitmen untuk mewujudkan salah satu Visi Misi kita yaitu Sanggau Pintar,” tegasnya.

Untuk mewujudkan itu semua, tentunya seluruh unsur harus bekerjasama dan bersemangat seperti yang dilakukan oleh PKK dan GOW yang begitu gencarnya membentuk PAUD disetiap Desa dan Dusun demi terciptanya generasi yang dapat diandalkan dan mampu bersaing  dimasa yang akan datang.

Sementara Camat Kapuas, Alifius mengungkapkan, sumber pembiayaan pembangunan Gedung PAUD ini berasal dari Dana Desa Lintang Kapuas tahun anggaran 2017 dengan luas gedung 60 M2 dan dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti meja kursi dan papan tulis serta kelengkapan lainnya.

Keberadaan Gedung PAUD ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam meningkatkan sumber daya manusia. Untuk itu sarana pendidikan merupakan prioritas utama dengan maksud untuk menyiapkan generasi yang lebih baik dalam membangun bangsa kedepan.

“Dengan adanya PAUD, diharapkan tidak ada lagi anak-anak usia dini yang tidak ambil bagian dalam PAUD dan tidak ada lagi yang tidak sekolah. Kepada orang tua agar mendukung dan memberikan motivasi kepada anak-anak agar mau datang dan menjadi murid di PAUD ini,” pesan Camat.

Camat mengingatkan kepada pihak Sekolah maupun aparat Desa, agar segera mengurus keabsahan dari PAUD ini seperti Izin Operasionalnnya, Akreditasinya sampai kepada Akte Notaris sehingga mempermudahkan dalam mengurus segala bantuan dan sumbangan dari Pemerintah maupun pihak lain.

Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot selanjutnya menyaksikan pengguntingan pita oleh Bunda PAUD Kabupaten Sanggau Ny Arita Apolina dan menyaksikan pembukaan kunci Gedung PAUD oleh Wakil ketua Bunda PAUD Ny Yohana Kusbariah Ontot. (indra)