Lomba Ketangkasan di HUT Armada RI

oleh
Kegiatan pembinaan lomba ketangkasan antar gugus depan tingkat penggalang dan penegak Pramuka se- Kabuapetn Sambas di Bumi Perkemahan Batu Bekajang Sebawi Kabupaten Sambas Kalimantan Barat

SAMBAS – Guna meningkatkan keterpaduan dan pembinaan Satuan Karya Pramuka Bahari Prajurit Pos Pengamat (Posmat) Pemangkat, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Lantamal XII Pontianak menyelenggarakan kegiatan pembinaan lomba ketangkasan antar gugus depan tingkat penggalang dan penegak Pramuka se- Kabuapetn Sambas di Bumi Perkemahan Batu Bekajang Sebawi Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, Senin (23/10/17). Hal ini menyambut Hari Armada Republik Indonesia (RI) Tahun 2017.

Kadispen Lantamal XII Pontianak, Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono mengatakan, tujuan dibentuknya Saka Bahari adalah untuk membina dan mengembangkan anggota gerakan pramuka agar memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang kebaharian, yang dapat menjurus kepada kariernya di masa mendatang.

“Karya Satuan Pramuka Bahari memiliki rasa cinta kepada laut dan perairan dalam berikut seluruh isinya pada khususnya dan rasa cinta kepada tanah air Indonesia pada umumnya, memiliki sikap dan cara berfikir yang lebih matang dalam menghadapi segala tantangan hidup, terutama menyangkut kebaharian serta pembinaan ketahanan wilayah kemaritiman bagi masyarakat sekitarnya,” paparnya.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini diantaranya Lomba Ketangkasan Pramuka Saka bahari berupa semi survival, yaitu penjelajahan yang ada sangkut pautnya dengan sistem lingkungan hidup kelautan dan perairan, serta ada juga kegiatan adu ketangkasan dan ketahanan fisik di alam terbuka. (Andi)