FPIP Sanggau Serahkan Bantuan Speaker Aktif Untuk Masyarakat di Perbatasan

oleh
Korwil FPIP Sanggau, Baskoro Menyerahkan Speker Aktif Kepada Tokoh Masyarakat di Perbatasan Sekayam dan Entikong. Foto : Indra

SANGGAU – Forum Peduli Ibu Pertiwi (FPIP) Korwil Sanggau, Baskoro menyerahkan bantuan empat unit speker aktif di wilayah perbatasan Indonesia dan Negeri Jiran, Malaysia, Senin (23/10/17). Wilayah yang menerima adalah Desa Malenggang, Kecamatan Sekayam dan  Desa Entikong.

Kepada awak media, Baskoro menyampaikan bantuan tersebut diserahkan kepada masyarakat melalui kepala dusun dan disaksikan oleh tokoh masyarakat setempat. Bantuan pertama diserahkan ke Dusun Malenggang, Desa Malenggang, Kecamatan Sekayam. Bantuan pertama diserahkan langsung kepada Kadus Subgai Pinang, Pinus Ajen yang disaksikan tokoh adat. Bantuan kedua diserahkan kepada Kadus Malenggang, Desa Malenggang, Kecamatan Sekayam, Fransiskus Wawan disaksikan oleh tokoh adat Gerunung. Sedangkan bantuan ketiga diserahkan ke Dusun Peripin, Kecamatan Entikong dan bantuan ke empat diserahkan ke Dusun Merau, Kecamatan Entikong.

Dengan diserahkannya bantuan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan.

“Misalnya pertemuan – pertemuan, kegiatan 17 an, dan kegiatan sosial lainnya,” kata Baskoro.

Dalam hal ini, Baskoro juga berharap bantuan empat unit speker aktif tersebut dapat memupuk rasa nasionalisme dan cinta NKRI warga perbatasan.

“Harapan saya bantuan ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme mereka kepada negara, dari empat unit bantuan itu kita harapkan kegiatan sosial kemasyarakatan dapat terselenggara,”  pungkasnya.

Baskoro menambahkan, sebelumnya FPIP Korwil Sanggau juga telah menyerahkan bantuan berupa penerangan tenaga surya kepada SMP Negeri 05 Desa Pala Pasang, Kecamatan Entikong. Bantuan tersebut diberikan agar pelajar yang ada di asrama SMP Negeri 05 bisa belajar seperti anak-anak di Kota.

“Selama ini mereka kesulitan dalam belajar, karena keterbatasan penerangan berupa listrik di Desa Pala Pasang,” katanya.

Ketua Komisi A DPRD Sanggau, Hendrikus Bambang mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada FPIP Korwil Sanggau yang memiliki kepedulian kepada masyarakat perbatasan khususnya di prasarana kegiatan sosial. Dia berharap apa yang dilakukan FPIP bisa dicontoh oleh ormas lain.

Politisi Golkar itu berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan digunakan sebaik – baiknya oleh masyarakat perbatasan dalam menunjang proses kegiatan pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

“Kalau ada acara sosial, itukan bisa  juga digunakan untuk rapat – rapat,” katanya.

Hal senada juga diucapkan Kepala Desa Entikong, Raden Nurdin. Dia mengaku sangat berterimakasih atas kepedulian  FPIP terhadap masyarakat perbatasan khususnya di Kecamatan Entikong. Namun dia berharap bantuan yang diberikan FPIP berkelanjutan dan menyentuh bidang lain.

“Harapan kami, FPIP bisa membantu bidang lain atau minimal FPIP bisa mendorong pemerintah untuk membantu masyarakat perbatasan ini dibidang lain,”  katanya.

Bidang lain yang dimaksud Nurdin adalah pertanian. Karena saat ini pemerintah desa Entikong sedang mendorong masyarakat untuk giat dibidang pertanian

“Kita berharap kedepannya ada kegiatan pelatihan pertanian yang dilakukan oleh FPIP ini, kalaupun tidak bisa minimal FPIP bisa mendorong Dinas terkait untuk memberikan penyuluhan pertanian kepada masyarakat,” harapnya. (indra)