Disdikbud Ajak Pelajar Sanggau Jauhi Narkoba

oleh
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Sudarsono

SANGGAU – Tingginya angka kasus narkoba di Kabupaten Sanggau, khususnya yang menyasar pelajar menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah. Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Pemkab Sanggau terus mengimbau agar masyarakat khususnya pelajar menjauhi narkoba.

“Saya mengingatkan ancaman narkoba yang hingga memaksa pemerintah menetapkan Indonesia darurat narkoba,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Sudarsono kepada wartawan belum lama ini.

Darsono, demikian pria ramah ini biasa disapa, mengajak masyarakat khususnya pelajar untuk menjauhi narkoba dengan cara berolahraga di waktu senggang

Menurutnya, peredaran dan penyalahgunaan narkoba ini tidak hanya menimbulkan dampak buruk terhadap fisik dan mental serta kehidupan pribadi pelakunya, tetapi juga memberikan pengaruh dan akibat negatif terhadap orang lain dan lingkungan di sekitarnya.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari semua pihak untuk mengatasi masalah serius dan memprihatinkan tersebut.

“Misalnya dengan kampanye anti narkotika, serta memperbanyak kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat,” tuturnya.

Dengan banyak melakukan aktivitas-aktivitas positif seperti olahraga, maka akan memiliki dampak positif untuk menghindari dari pengaruh dan bujuk rayu narkoba. Selain itu, segenap komponen masyarakat harus bahu-membahu, bergandeng tangan mendukung upaya pemerintah dalam pemberantasan narkoba. Karena, narkoba adalah ancaman nyata untuk diperangi.

“Marilah bersatu, bersinergi, saling membantu dan bekerja sama dengan baik dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba, sehingga dapat menyelamatkan bangsa Indonesia. Nyatakan perang terhadap narkoba. Narkoba no, prestasi yes,” pintanya tegas.

Darsono juga mengimbau untuk terus meraih dan meningkatkan prestasi di bidang akademik, olahraga, seni, budaya maupun di bidang-bidang lainnya.

“Tingkatkan ibadah dan keimanan. Dengan generasi muda yang beriman, cerdas dan berakhlak mulia, maka Kabupaten Sanggau maju dan terdepan akan tercapai,” pungkasnya. (indra)