BPPRD Kapuas Jalin Kerjasama Dengan PT Pos Indonesia

oleh
Kepala BPPRD Kapuas, Andres Nuah (kanan) menyerahkan naskah perjanjian kerjasama kepada Kepala Kantor Pos Palangka Raya, Iskandar

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) menjalin kerjasama dengan Kantor Pos Palangka Raya, dalam hal pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2).

Penandatangan perjanjian kerjasama yang disaksikan Sekdakab Kapuas Rianova, dilakukan dalam rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan daerah Kabupaten Kapuas triwulan III Tahun 2017 di aula Kantor Bappeda Kapuas, Senin (23/10/17).

Kepala BPPRD Kapuas, Andres Nuah mengungkapkan,  kerjasama pihaknya dengan PT Pos Indonesia Kantor Pos Palangka Raya, adalah untuk mengintensifkan penerimaan PBB-P2. Kemudian juga untuk memastikan bahwa penerimaan pajak ini dapat dilakukan dengan baik sampai ke wilayah Kecamatan yang sulit dijangkau.

“Kami juga ingin memastikan bahwa pendapatan pajak PBB-P2 ini langsung masuk ke kas daerah dan akan kami pantau setiap hari. Harapan kami target yang sudah ditetapkan bisa direalisasikan sampai seratus persen yakni sebesar Rp 2 miliar,” katanya usai melakukan penandatanganan kerjasama.

Mantan Asisten II Setda Kapuas ini juga menyatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan update terhadap basis data PBB daerah setempat. Pasalnya, setelah  pengelolaan pajak ini diserahkan oleh KPP Pratama kepada Pemkab Kapuas, banyak data PBB yang tidak sesuai sehingga mengalami kendala dalam hal penagihannya.

Dengan adanya kerjasama ini maka masyarakat Kabupaten Kapuas yang tersebar di 17 kecamatan juga dapat membayar Pajak Bumi dan Bangunan melalui Kantor Pos di wilayahnya masing-masing. (irs)