Kolam Mahligai Putri Junjung Buih Kering

oleh
Mahligai Putri Junjung Buih

AMUNTAI – Siapa yang tidak tau dengan keberadaan komplek situs Candi Agung yang berada di Kelurahan Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. Candi ini diperkirakan peninggalan kerajaan Negara Dipa yang keberadaannya sejaman dengan kerajaan Majapahit.

Namun ada yang berbeda, di dalam lingkungan situs tersebut, beberapa pengujung dari berbagai wilayah Banjarmasin, yang datang berziarah ke situs candi agung tersebut merasa bingung, lantaran bangunan kolam Mahligai Putri Junjung Buih berubah.

“Dan yang lebih anehnya lagi, air kolam sampai kering. Biasa kalau orang datang langsung mengambil air dan cuci muka maupun mandi di tempat tersebut,” kata Vila, pengujung dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Kebanyakan yang datang kesini untuk bernazar, bisa juga bermimpi dan ingin melihat lihat.

“Semua itu, tergantung kepercayaan masing-masing,” tuturnya.

Makanya, Vila pun bingung, cara mengambil air di Mahligai Putri Junjung Buih karena air kering dan bangunannya pun berubah.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah, agar bisa memperhatikan keberadaan situs ini, karena pengunjung yang berziarah kesini cukup banyak,” ungkapnya. (ysf)