Kalteng Siapkan 6 Atlet Biliar di Ajang Kejurnas

oleh
Pelantikan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kalimantan Tengah, periode 2017-2021

PALANGKA RAYA – Dalam waktu dekat, Pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kalimantan Tengah, akan mempersiapkan atletnya yang akan dikirim untuk mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) biliar di Jakarta 18 November-2 Desember 2017.

“Kita akan mengirim 6 atlet untuk mengikuti kejuaraan. Kami juga sudah koordinasi dengan KONI, yang siap untuk membantu anggaran. Kita berharap para atlet dapat memberikan yang terbaik untuk Kalteng,” kata Murdianto Agan usai pelantikan Pengprov POBSI Kalteng periode 2017-2021.

Pengurus baru biliar Kalteng, dilantik oleh
Ketua Harian Pengurus Besar (PB) POBSI, Hafil Fuddin, di Hotel Neo Hotel, Minggu (22/10/2017).

Para atlet diminta untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya meskipun atlet yang menjadi lawannya nanti berkelas nasional bahkan pernah tampil di Sea Games dan Asian Games, sehingga berat persaingannya. Namun ia yakin atlet biliar asal Kalteng juga tidak kalah permainannya dengan atlet nasional, hanya saja mental perlu ditingkatkan dengan banyak latihan.

Selain mengikuti Kejurnas, Murdianto juga ingin para atletnya bisa mengikuti kejuaraan biliar open turnamen baik yang digelar oleh PB POBSI maupun provinsi lain di luar Kalteng. Tetapi akan dipilih sesuai dengan kesanggupan dukungan anggaran.

Diungkapkannya, kendala dalam pembinaan atlet di Kalteng, salah satunya sarana dan prasarana yang masih terbatas, terutama masih belum memiliki tempat latihan khusus. Selama ini, menyewa dari pihak swasta untuk beberapa jam latihan. Kendati demikian hal itu tidak menghalangi semangat POBSI Kalteng untuk terus membina atlet.

Sementara itu, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng Ferry S Lesa, menginginkan, harus ada sinergitas antara Pengprov POBSI Kalteng dengan KONI Kalteng, agar bisa saling membantu dalam mendongkrak prestasi.

Dirinya menilai, pebiliar Kalteng mampu bersaing dengan daerah lain. Terbukti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, 2016,, berhasil masuk 8 besar. Jika terus berlatih bukan tidak mungkin kedepan bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

“Kedepan kami berharap POBSI Kalteng bisa mencetak atlet berprestasi yang lebih banyak lagi sehingga bisa mewakili Kalteng di berbagai ajang kejuaraan biliar dan meraih prestasi,” imbuh Ferry. (tva)