58 Sampan Bidar Beradu Membelah Sungai Sekadau

oleh
Perlombaan sampan Bidar di Sekadau

SEKADAU – Sebanyak 58 peserta mengikuti  lomba sampan bidar di Desa Mungguk, Kabupaten Sekadau.

Kepala Desa Mungguk, Agustami mengatakan, antuasiasme masyarakat begitu tinggi untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Perlombaan sampan bidar yang diikuti sebanyak 58 sampan itu dilakukan di muara Sungai Sekadau, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir.

“Lomba sampan itu merupakan salah satu tradisi sejak dulu. Hampir punah sekarang sampan bidar diangkat kembali,” ujarnya, Minggu (22/10/17) pagi.

Ia berharap, kegiatan tersebut kedepan dapat diselenggarakan lagi. Apalagi dengan antusiasme masyarakat dan para peserta dalam menyemarakan lomba sampan bidar itu.

“Antuasme masyarakat begitu tinggi. Mudah-mudahan kedepan lebih meriah lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Seakdau Hili, Safi’i mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka HUT TNI dan Sumpah Pemuda. Adapun, kata dia, kegiatan tersebut sudah lama terencana dan baru terealiasi dalam memperebutkan piala Camat Sekadau Hilir Hermanto.

“Kalau dilihat masyarakat dan peserta begitu antusias sekali. Ini merupakan salah satu cabang olahraga unggulan di Kabupaten Sekadau,” tuturnya.

Perlombaan sampan bidar, kata Safi’i juga merupakan upaya dalam menjaring bibit-bibit unggulan terutama dalam menghadapi Porprov pada 2018 mendatang. Para atlet itu, kata dai, tentu dilihat potensinya sehingga bisa membawa nama Sekadau pada perlombaan lebih tinggi lagi.

“Para peserta harus menjaga stamina, karena perlombaan ini memerlukan energi yang besar. Paling terpenting adalah bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas,” pesannya.

Hadir dalam kegiatan, Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, mantan Camat Sekadau Hilir Hermanto, Kasat Lantas Polres Sekadau, Iptu Tri Teguh Mulyono, Kapolsek Sekadau Hilir, Iptu Masdar, Danramil Sekadau Hilir, Kapten Indra F Chaniago. Selain itu, hadir pula Kepala Desa Tapang Semadak, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tokoh adat. (Yahya)