Sanggau Terus Benahi Sektor Pendidikan

oleh
Plt Kadis Pendidikan Sanggau, Sudarsono

SANGGAU – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau terus berbenah menata sektor pendidikan di Kabupaten itu.

Bahkan, sektor pendidikan masih menjadi salah satu skala prioritas pembangunan daerah. Mengingat, dari waktu ke waktu, jumlah guru akan terus mengalami penyusutan, salah satu faktor terbesar adalah karena telah memasuki usia pensiun. Misalnya pada tahun 2019 mendatang, setidaknya ada sekitar 750 orang guru di Kabupaten Sanggau yang akan pensiun.

“Itu adalah persoalan, dan Pemkab Sanggau telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasinya, salah satunya adalah dengan pengangkatan guru kontrak. Meski jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah guru yang akan pensiun, namun hal itu harus dilakukan dengan tetap menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” kata Sudarsono, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono, Sabtu (21/10/17).

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sanggau, Pemkab Sanggau juga membuat kebijakan untuk menyelaraskan dengan amanah Undang-Undang Guru, yang diharapkan setiap guru mengantongi gelar S1. Karenanya, Pemkab Sanggau sangat mendukung program mensarjanakan guru-guru yang belum S1.

“Salah satu poin dan cita-cita Kabupaten Sanggau adalah Sanggau Pintar, karenanya perjuangan Pemkab Sanggau untuk dunia pendidikan tidak akan berhenti dengan memandang seluruh persoalan pendidikan secara komprehensif,” pungkasnya.(indra)