Bupati Sanggau Sebut Produksi Beras Terus Meningkat

oleh
Kunjungan Menteri Pertanian Amran Sulaiman ke Kabupaten Sanggau dalam rangka Ekspor Beras ke Malaysia

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan, produksi padi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat berarti, dimana pada tahun 2015 sebesar 133.822 ton meningkat pada tahun 2016 menjadi 182.837 ton.

“Apabila dikonversi menjadi beras untuk konsumsi penduduk kabupaten Snaggau mengalami surplus sebesar 58.562 ton,” ujarnya di Sanggau, Jumat (20/10/17).

Banyaknya produksi padi tak terlepas dari luasnya areal sawah di Kabupaten Sanggau. Seperti areal sawah di desa Tunggal Bhakti yang merupakan bagian dari Merowi Kompleks, dimana lahan sawah yang dapat digarap kuralng lebih 1200 hektare.

“Namun dalam perkembangannya, pemanfaatan lahan ini dihadapkan kepada beberapa permasalahan, yakni perlu perbaikan saluran primer karena saat ini saluran tersebut mengalami sedimentasi yang cukup tinggi dan beberpa saluran sekunder juga perlu diperbaiki,” terangmya.

Sementara itu, Importir dari PT GSA, Malaysia, H Jumaat H Ibrahim menjelaskan, bahwa ekspor impor beras antar RI – Malaysia merupakan bentuk kerjasama dua negara seperti saudara yang dekat.

“Yang kita terima ekspor hari ini sebanyak 25 ton, harganya pun berdasarkan kasih sayang, inikan suatu permulaan, kalau di market sekarang ada yang harganya 5 ringgit,” katanya. (indra)