KPU Sanggau Tagih Janji PLN Atasi ‘Byar Pet’

oleh
Ketua KPU Sanggau Sekundus Rintih

SANGGAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau menagih janji PLN yang sebelumnya sepakat akan menjamin distribusi listrik di jalan Jendral Sudirman Kelurahan Bunut yang menjadi lokasi kerja KPU Sanggau.

Tingginya mobilitas kerja KPU yang saat ini sudah memasuki tahapan Pilkada 2018 dan persiapan Pilpres 2019 memicu kekhawatirkan KPU akan terhambatnya kerja mereka pada Pilkada dan Pilpres mendatang.

Kemarin sore sempat mati dua jam, padahal kami saat ini lagi sibuk mengurusi verifikasi partai,” kata Ketua KPU Sanggau, Sekundus Ritih, Kamis (19/10/17).

Sekundus menerangkan, dalam rapat koordinasi bersama Dinas/Instansi terkait yang dipimpin oleh Bupati Paolus Hadi beberapa waktu lalu, PLN mengaku siap menjamin ketersediaan listrik untuk menyukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Namun kenyataannya, beberapa kali sering byar pet di kantor KPU.

“Kami menagih janji PLN yang kemaren ngakunya siap mendukung dan mensukseskan Pilkada dan Pemilu. Kata PLN kemaren kan ada jalur khusus yang bisa digunakan KPU, tapi sampai sekarang jalur tersebut belum pernah diberitahukan ke kami,” kesal Sekundus.

Bahkan, KPU dikatakannya, sudah menyurati PLN agar tidak terjadi pemadaman listrik. Surat bernomor 108/RT.06-SD/6103/Sek-Kab/X/2017 tersebut langsung disampaikan kepada Kepala Cabang PT. PLN (Persero) Cabang Sanggau.

“Sudah kita surati, tapi kenyataannya sering juga mati,” imbuhnya.

Bahkan, lanjutnya, karena tidak ada gengset dari PLN, KPU akhirnya mengusahan sendiri dan seadanya.

“Harapan saya PLN memberikan klarifikasi mengenai jalur khusus seperti yang pernah dijanjikan kepada kami sewaktu rapat dengan Pak Bupati beberapa waktu lalu,” ujarnya. (iin)