Kapolres Ini Janji Tindak Tegas Pelaku Ilegal Logging

oleh
Kapolres Barito Utara, AKBP Tato Pamungkas Suryono di ruang kerjanya

MUARA TEWEH – Kapolres Barito Utara AKBP Tato Pamungkas Suyono, berjanji akan menindak tegas bagi siapa saja yang melakukan praktik ilegal logging.

Menurut dia, maraknya peredaran kayu yang sudah berhasil diamankan, justru bukan berasal dari wilayah Barut, akan tetapi berasal dari luar daerah. Hanya saja wilayah Barut, sebagai daerah lalu lintas, maka anggapan masyarakat kayu tersebut dari Barut.

“Yang sudah beberapa kali ditangkap, ternyata kayu berasal dari daerah lain,” kata Tato Pamungkas Suyono kepada awak media, Kamis (19/10/17).

Kendati ada kayu yang berasal dari Barut, maka itu sudah sesuai dengan ketentuan dengan dilengkapi dokumen yang sah. Sehingga ini sudah sesuai dengan ketentuan. Oleh sebab itu, pihaknya terus menekankan kepada masyarakat, agar jangan coba coba bermain kayu secara ilegal karena ada sanksi hukum.

Diakuinya, masalah kayu penanganannya memang menjadi dilema, pada satu sisi kepolisian menegakan aturan, sisi lain, pentingnya untuk kebutuhan masyarakat dalam pembangunan, namun dengan terus menekankan agar tidak menebang kayu secara ilegal, setidaknya memberikan gambaran pendidikan hukum kepada masyarakat.

“Sebagai aparat penegak hukum memang harus tegas dalam menjalankan sesuai dengan tugas dan fungsinya, oleh karena itu, diminta agar setiap membawa kayu harus sesuai dengan ketentuan,” katanya. (Bani)