Atasi Masalah Sosial, Dinsos Kalteng Rangkul Sejumlah Instansi

oleh
Dinas Sosial Kalimantan Tengah menjalin kerjasama dengan Direktorat Binmas Polda Kalimantan Tengah tentang penanganan darurat sosial

PALANGKA RAYA – Dinas Sosial Kalimantan Tengah menjalin kerjasama dengan Direktorat Binmas Polda Kalimantan Tengah tentang penanganan darurat penyandang disabilitas mental/orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), orang terlantar, gelandangan, pengemis, anak terlantar, lanjut usia dan tuna susila.

Kemudian dengan Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah tentang pemanfaatan Pusat Informasi dan Edukasi ( PIE ) narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza). Penandatanganan nota kesepahaman dan kesepakatan (MoU) dilakukan di Aula Dinas Sosial, Kamis (19/10/17).

Usai penandatanganan tersebut Kepala Dinas Sosial Kalteng, Suhaemi berharap, dengan adanya kerjasama tersebut, kedepan tidak ada lagi permasalahan terkait hal tersebut, khususnya persoalan sosial penanganan kedaruratan sosial, yang dihadapi Pemprov Kalteng.

“Tapi nantinya penanganan ini juga akan sampai seluruh kabupaten/kota dengan bantuan Polsek di masing-masing daerah. Jadi.jika ada yang menemui permasalahan sosial di atas dapat melaporkannya kepada kami agar bisa ditangani segera,” kata Suhaemi.

Dirbinmas Polda Kalteng Kombes Polisi Wandi Rustiwan, menyatakan dengan adanya perjanjian tersebut, ia beserta jajarannya sampai tingkat bawah akan membantu Dinas Sosial untuk menanggulangi permasalahan sosial sehingga target kerja pemerintah dapat tercapai, seperti rencana penutupan lokalisasi ataupun Indonesia bebas pasung.

Begitu juga halnya dengan Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Slamet Winaryo. Bahkan dirinya memberi apresiasi kepada Dinas Sosial yang mau memanfaatkan keberadaan PIE untuk melakukan edukasi sosial, guna mengatasi.permasalan sosial. Tapi Slamet berharap fasilitas itu, juga nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh instansi lain seperti kerjasama yang dilaksanakan dinas sosial.(tva)