BMKG Keluarkan ‘Warning’ Potensi Bencana Banjir di Ketapang dan Kayong Utara

oleh
Ilustrasi banjir

KAYONG UTARA – BMKG Ketapang memprakirakan jika akan terjadi banjir di sejumlha Kecamatan di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara pada akhir tahun 2017.

Kepala BMKG Ketapang Aqil Ihsan kepada B-ONETV, Rabu (18/10/17) mengatakan tingginya curah hujan dari awal Oktober hingga Desember membuat potensi bencana banjir terjadi.

“Perubahan angin dari angin Muson Australia yang berpindah ke Muson Asia sejak awal  Oktober ini, membuat sejumlah wilayah di Kalimantan Barat mengalami musim penghujan komulatif. Di mana perubahan musim yang kemarin masih terlihat samar kini menjadi tampak akibat meningkatnya curah hujan di berbagai kota,” jelasnya.

Aqil mengimbau masyarakat di Kecamatan yang berpotensi terkena dampak banjir untuk selalu ekstra waspada. Dikarenakan curah hujan tinggi semakin meningkat.

Berdasarkan pantauan B-ONETV di dua Kabupaten itu. Hingga saat ini belum terlihat langkah antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dari dua kabupaten ini untuk mengambil tindakan penyuluhan atau pelatihan kepada warga.

Dari kecamatan yang berpotensi banjir  yang kemungkinan akan lebih parah dari musibah banjir di pertengahan tahun kemarin. (Rizar)