Bawaslu Kalbar Siap Proses Laporan Pada Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019

oleh
Ilustrasi - Bawaslu

PONTIANAK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat, menyatakan kesiapannya dalam menindaklanjuti laporan pihak terkait, pada proses pendaftaran partai politik (Parpol) peserta pemilu 2019, jika memang ada dugaan pelanggaran baik pada proses adminitrasi maupun saat verifikasi faktual.

“Pengawasan dilakukan Bawaslu pada proses pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019,” ujar Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Ruhermansyah, saat melakukan dialog di salah satu Radio di Kota Pontianak, Rabu (18/10/17).

Menurutnya, pengawasan yang dilakukan Bawaslu di setiap tingkatan khususnya di KPU Kabupaten dan Kota yang menerima pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019, untuk memastikan proses pendaftaran tersebut berjalan sesuai aturan.

“Bawaslu juga siap menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran pada proses pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019, khususnya yang masa pendaftaran dan penyerahan berkasnya diperpanjang hingga pukul 00 dini hari kemarin (16/10),” tuturnya.

Ruhermansyah menyebutkan, pada proses pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019, Bawaslu menangani tiga jenis laporan dugaan pelanggaran, yang arahnya bisa ke tindak pelanggaran administrasi pemilu, pidana pemilu dan pelanggaran kode etik.

“Adapun upaya yang bisa dilakukan Bawaslu pada jenis pelanggaran-pelanggaran tersebut antara lain, jika terjadi pelanggaran administrasi, maka KPU akan diminta kembali pada mekanisme dan aturan yang ada, sedangkan jika ada dugaan pidana pemilu, maka Bawaslu akan meneruskannya kepada aparat penegak hukum, sementara jika ada pelanggaran kode etik, maka bawaslu bisa menindaklanjutinya kepada Dewan Kehormatan (DK) penyelenggara pemilu,” jelasnya.

Namun demikian, Ruhermansyah menyatakan, umumnya, untuk proses pendaftaran dan penyerahan berkas partai politik, pelanggaran yang berpotensi terjadi adalah pelanggaran administrasi, sehingga KPU selaku pihak yang bertanggungjawab atas masalah ini. (Budi)