Antisipasi Kebakaran, Bupati Nadalsyah Berikan Bantuan Alat Damkar ke Warga

oleh
Bupati H. Nadalsyah saat menyerahkan bantuan alat pemadam kebakaran untuk warga Rt 09 Kelurahan Lanjas, Muara Teweh, Rabu (18/10/17)

MUARA TEWEH – Warga pasar Dermaga, Kelurahan Lanjas, Muara Teweh, Kecamatan Teweh Tengah, telah mendapat bantuan alat pemadam kebakaran portabel.

Bantuan alat pemadam portabel tersebut, langsung diserahkan oleh bupati Barito Utara, Nadalsyah, kepada ketua RT 09 Muksin.

Bupati Nadalsyah mengatakan, anggota pemadam kebakaran bukan saja memadamkan api, tetapi juga bisa membantu masyarakat lainnya, karenanya tugas sosial merupakan perbuatan yang baik.

“Saat ini pemadam kebakaran sudah menyatu dengan satuan polisi pamong praja. Dimana tugas pokok pamongpraja mengamankan terkait dengan perda. Terkait dengan bantuan, maka ini sebagai langkah antisipasi dan sekaligus mengajak warga ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar terhadap bahaya kebakaran,” ujar Bupati.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Damkar, Aprin Siaga menambahkan, usulan bantuan kepada setiap RT untuk pengadaan alat pemadam portabel sudah dilakukan, namun karena terbatasnya anggaran dilakukan secara bertahap.

Menurutnya, saat ini memang Pemkab memiliki lima unit pemadam kebakaran. Hal ini untuk antisipasi kebakaran. Dengan bantuan yang ada, maka setidaknya dapat mengatasi terjadinya kebakaran agar tidak meluas.

“Sebagai langkah antisipasi, maka kita adakan bantuan alat pompa portabel untuk wilayah padat seperti pasar dermaga,” kata Aprin Siaga.

Diakuinya untuk wilayah tertentu dimana tingkat kepadatan penduduk harus diprioritaskan diberikan bantuan.

“Selain itu Hydrant juga sudah ada. Oleh karena itu, bantuan ini hanya bersifat umum sebagai langkah awal pemadam kebakaran,” pungkas dia. (Bani)