Petani di Kubu Raya Gunakan Teknologi Modern dalam Bercocok Tanam

oleh
Kadis Pertanian KKR saat uji coba Transpenter di lahan pertanian warga

KUBU RAYA – Pertanian Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mulai menggunakan teknologi dalam menunjang kegiatan pertanian masyarakat.

Di Desa Radak 1 Kecamatan Terentang, petani sudah menerapkan teknologi dalam menanam padi.

Teknologi yang sudah diterapkan oleh petani di Desa Radak 1 Kecamatan Terentang adalah, untuk alat tanam padi. Transpenter alat tanam moderen yang sudah digunakan oleh petani-petani di Radak 1 dibawah pendampingan dan binaan oleh penyuluh pertanian yang ada.

Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya Gandhi Satyagraha Selasa (17/10/17) mengatakan, penggunaan alat pertanian modern di Kubu Raya akan terus dikembangkan sebagai sarana dan prasarana penunjang pertanian. Menurutnya, pemanfaatan tekhnologi disamping menghemat tenaga juga menghemat waktu.

“Kita akan terus mengembangkan pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian modern di Kubu Raya. Didampingi oleh penyuluh pertanian yang ada disetiap Desa, Pemerintah Kubu Raya terus melakukan pembinaan dan pendampingan penggunaan sarana pertanian moderen,” ujar Gandhi.

Gandhi mengatakan Kecamatan Terentang termasuk salah satu Kecamatan yang sudah mulai mengarah ke pertanian moderen. Pemerintah akan terus melakukan pendampingan dalam pemanfaatan teknologi moderen pertanian sebagai sarana penunjang.

“Saat ini teknologi pertanian terus berkembang dan masyarakat petani Kubu Raya kita arahkan untuk juga nengikuti perkembangan teknologi pertanaian yang ada. Ini sanagat penting dalam upaya pemanfaatan teknologi, untuk peningkatan produksi pertanian Kubu Raya,” ujar Gandhi. (Fsl)