Anggota DPRD Barut Kembalikan Mobil Dinas Operasional

oleh
Ilustrasi - Mobil dinas

MUARA TEWEH –  Jumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kabupaten Barito Utara, masa bhakti 2014 – 2019 tercatat dua puluh lima orang, dimana tiga unsur pimpinan dan dua puluh dua orang anggota.

Dari Jumlah itu, hanya dua orang yang tidak mendapat jatah pengadaan mobil dinas. Sedangkan dua puluh lainnya mendapat jatah dari pemerintah daerah dan ditambah tiga unsur pimpinan, sehingga pengadaan tersebut sebanyak dua puluh tiga unit.

Sekretaris Dewan Barut, Inriaty Karawaheni, kepada B ONETV, Selasa (17/10/17) mengatakan, hingga saat ini hanya dua yang masih belum dikembalikan pada pemerintah daerah. Sedangkan lainnya sudah dikembalikan.

Menurutnya, untuk jatah unsur pimpinan, satu ketua dan dua wakilnya memang tidak bisa dikembalikan, karena ini merupakan hal yang wajib.

“Mobil itu tidak bisa dikembalikan, karena untuk opersional unsur pimpinan,” ungkapnya.

Inriaty Karawaheni menambahkan, dikembalikannya mobil dinas untuk opersional seluruh anggota tidak lain, karena adanya peraturan yang menyebutkan, jika para anggota sudah memiliki kendaraan dinas, maka uang transportasi dihapus.

“Mungkin atas dasar itulah, seluruh anggota mengembalikan kepada pemerintah daerah. Dan saat ini hanya tinggal dua unit yang belum. Karena satu masih dalam perbaikan dan satu dipakai oleh anggota keluar daerah untuk berobat,” katanya.

Sebelumnya, para anggota dewan ‘ngotot’ meminta mobil dinas dengan harga ratusan juta rupiah. Namun selang waktu kurang lebih dua tahun, mereka ramai-ramai mengembalikannya.

Hal ini erat hubungannya dengan dana transportasi yang tidak dibayar lagi oleh sekretariat dewan, mengingat dana tersebut jumlahnya sangat besar. Sehingga menurut hitungan matematika, mereka lebih baik tidak memiliki mobil dinas.

“Karena dengan sistem sewa atau carter bisa lebih menguntungkan. Ketimbang pakai mobil dinas, dimana seluruh biaya yang dikeluarkan, para anggota sendiri yang akan menanggung biayanya,” pungkas Inriaty Karawaheni. (Bani)