Tiket Pesawat Tujuan Kuching Murah, Bus Lintas Negara Sepi Penumpang

oleh
Suasana loket penjualan tiket Bus Lintas Negara di Terminal Lintas Negara tampak terlihat sepi (15/10/17). Foto : Ril

PONTIANAK- Murahnya harga tiket maskapai penerbangan Air Asia jurusan Kota Pontianak menuju Kuching, Malaysia yang berkisar Rp 179 ribu per orang membuat Bus Lintas Negara jurusan Pontianak menuju Kuching sepi penumpang. Padahal sebelumnya penumpang dari Kota Pontianak cenderung menggunakan jasa angkutan darat apabila hendak bepergian menuju ke Kuching.

Harga tiket pesawat yang relatif lebih murah, jika dibandingkan dengan harga tiket Bus Lintas Negara yang berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu membuat perusahaan jasa penyedia angkutan darat yakni Bus Lintas Negara omzetnya pun menurun dalam beberapa bulan terakhir.

Sumber B-ONETV berinisial HR, seorang operator yang bekerja pada perusahaan jasa penyedia Bus Lintas Negara, Senin (16/10/17) mengatakan bahwa sepinya penumpang Bus Lintas Negara sudah berlangsung selama 5 bulan ini. Kondisi ini pun tidak sama seperti bulan sebelumnya.

“Harga tiket pesawat lebih murah, penumpang pasti lebih memilih tiket yang lebih murah dan sampainya pun lebih cepat, 35 menit saja sudah sampai. Sedangkan dengan bus 8 jam baru sampai,” ujar HR.

Menurut HR, minat masyarakat untuk berangkat dengan menggunakan transportasi darat menurun. Terbukti penjualan tiket angkutan darat sampai saat ini anjlok hingga 70 persen dari total tiket yang disediakan untuk penumpang.

Hal serupa juga dialami oleh seluruh operator Bus Lintas Negara yang melayani penumpang untuk tujuan Pontianak menuju Kuching yang saat ini omzet penjualan tiketnya menurun.

Dalam hal ini, para Operator penyedia jasa Bus Lintas Negara pun berharap pemerintah pusat, melalui kementerian perhubungan baik itu  dirjen perhubungan darat dan udara harus memperhatikan juga kondisi perusahaan penyedia jasa Bus Lintas Negara. (Ril)