Terima Kunjungan Presiden Niger, Presiden Jokowi Berharap Terus Tingkatkan Kerja Sama

oleh
Presiden Jokowi mendampingi Presiden Republik Niger Issoufou Mahamadou memasuki Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/10) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Republik Nigeria Issoufou Mahamadou dengan upacara kenegaraan, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/10/17) siang. Dalam upacara itu diperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara serta dentuman meriam.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengaku senang menerima kunjungan Presiden Issoufou Mahamadou dan delegasi, yang merupakan kunjungan pertama Presiden Niger ke Indonesia.

“Kita baru saja memulai hubungan diplomatik kedua negara 6 tahun yang lalu, namun Presiden Issoufou Mahamadou sudah datang dan berkunjung ke Indonesia. Hal ini menunjukkan komitmen yang besar untuk memajukan hubungan bilateral kedua negara,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, Indonesia dan Niger memiliki tiga ikatan yang kuat, yaitu dalam persaudaraan Islam, yang kedua demokrasi dan kebebasan beragama, serta yang ketiga sebagai dua negara yang sedang berkembang.

“Saya berharap dengan bermodalkan ikatan itu, kedua negara dapat terus meningkatkan hubungan persaudaraan dan kerjasama konkret di berbagai bidang,” ujar Presiden Jokowi.

Tampak hadir dalam upacara itu antara lain Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Mendag Enggartiasto Lukita, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Setkab.go.id)