“Ngomong Sama Bule” di Objek Wisata Kota Sanggau

oleh
Dua Turis Asing Asal Polandia Saat Berbincang-Bincang Dengan Masyarakat Kampung Wisata Sentana

SANGGAU – Minggu, (15/10/17), hampir seluruh mata pengunjung di Kawasan Wisata Sentana tertuju pada sekelompok anak muda yang sedang berdiskusi. Pasalnya, ada dua orang turis asing berada disekitar mereka. Mereka terlihat asik berbincang satu sama lain, sesekali raut wajah serius antara anak muda dan 2 orang turis tersebut, namun keseriusan itu tak berlangsung lama dipecah oleh canda mereka sendiri.

“Mereka sedang belajar ngomong bahasa Inggris,” kata Aabaliya Alqadri, ketua Komunitas Putra-Putri Sanggau.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan salah satu agenda Komunitas Putra-Putri Sanggau di bidang pendidikan, dimana program ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda serta mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam salah satu Seven Brand Images yaitu Sanggau Pintar.

Dijelaskan Aabaliya, kegiatan ini merupakan program khusus yang dirancang guna meningkatkan kemampuan komunikasi dalam berbahasa Inggris.

“Nama programnya yaitu Ngomong Sama Bule. Jadi peserta dipaksa ngomong pake bahasa Inggris, bulenya nda paham bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Dengan praktek langsung berbicara, menurutnya merupakan salah satu langkah praktis belajar bahasa asing.

Kedua bule itu bernama Maciej Rukawisznikow dan Jakub Maciej Rutkowski yang berasal dari Polandia. Aabaliya mengatakan, program Ngomong sama Bule ini akan dilaksanakan selama dua minggu setiap sore harinya yang dimulai dari tanggal 16 Oktober sampai dengan 29 Oktober 2017.

Untuk lokasi kegiatan, fokus pada tiga kawasan strategis wisata antara lain Kampung Wisata Sentana, Wisata Budaya Kabana, dan Taman Sabang Merah.

“Tidak ada sesi didalam ruangan, semuanya outdoor, biar lebih fresh,” pungkasnya.

Terkait destinasi wisata di Kabupaten Sanggau, kedua bule sudah mengunjungi riam Kecala di desa Pana dan Pancur Aji. (indra)