KPU Palangka Raya Tunggu Parpol yang Belum Serahkan Berkas Sampai Pukul 24.00 WIB

oleh
Ilustrasi - KPU

PALANGKA RAYA – Hingga pukul 21.00 WIB, dari 18 partai politik (parpol), masih ada 7 partai politik (parpol) yang belum menyerahkan salinan  kartu tanda anggota (KTA) dan kartu tanda penduduk. (KTP) elektronik atau surat keterangan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya. Sedangkan 11 parpol lainnya telah menyerahkan dan dinyatakan lengkap.

“Parpol yang tidak dikembalikan berkasnya, bisa ke tahap selanjutnya yaitu penelitian administrasi. Tapi bagi yang belum jika sampai pukul 24.00 WIB ini belum menyerahkan, maka hitungan di kabupaten akan dicoret, karena akan berpengaruh secara nasional terhadap syarat jumlah yang ditentukan,” ungkap Komisioner KPU Palangka Raya, Wawan Wiraatmadja, Senin (16/10/17).

Wawan mengungkapkan, sebenarnya beberapa waktu lalu KPU RI juga telah menekankan agar KPU setempat dapat meningkatkan komunikasi dengan Parpol agar proses penyerahan dapat lancar, terkait jumlah bukti keanggotaan.

“Jumlah keanggotaan harus diurutkan per kecamatan, yang jumlahnya harus sama dengan jumlah yang dimasukkan dalam sistem informasi partai politik. Jadi tanggal 3-16 Oktober ini, tahap awal yang menentukan apakah bisa memenuhi syarat atau tidak pada Pemilu 2019,” ujarnya.

Adapun parpol yang sudah menyerahkan berkas dengan lengkap berdasarkan urutan penerimaan yaitu pada 13 Oktober Partai Nasdem, PDI-P, Perindo dan PAN.

Sementara pada 14 Oktober, Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 15 Oktober, PPP dan Gerindra serta 16 Oktober Partai Golkar, Garuda dan PKS. (tva)