Hingga 16 Oktober, Baru 10 Parpol yang Mendaftar ke KPU Pontianak

oleh
Ilustrasi - KPU

PONTIANAK – Hingga Senin (16/10/17) Pukul 16.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, baru menerima kedatangan sebanyak 10 partai politik, yang menyerahkan berkas persyaratan kepesertaan pemilu 2019. Sementara partai lainnya belum tiba di Sekretariat KPU yang beralamatkan Jalan Johar Pontianak tersebut.

“Sudah ada 10 partai politik-parpol yang menyerahkan syarat kepesertaaan pemilu 2019 ke KPU, sesuai persyaratan berupa lampiran dukungan,” ujar Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi, Senin (16/10/17).

Menurut Sujadi, penyerahan syarat kepesertaan itu dilampirkan juga kartu tanda anggota (KTA) partai dan E-ktp atau surat keterangan dari dinas kependudukan dan catatan sipil kota setempat.

Sepuluh Parpol tersebut diantaranya, Partai Nasdem, Perindo, Pdi Perjuangan, Gerindra, Partai Kesejahteraan Sosial (PKS), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, Garuda dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hanura dan Partai Berkarya.

“Yang sudah mendaftar kemungkinan lengkap ada 7 partai, sisa 5 partai yang belum, sedang partai baru ada 3 partai, sebelumnya sudah ada 22 parpol yang berkomunikasi kepada  kami, namun, diantaranya yang sudah mendaftarkan diri menjadi peserta pada pemilu 2014 lalu sebanyak 12 parpol, tapi 2 parpol kami kembalikan berkasnya, sedangkan 5 parpol lainnya masih memiliki kesempatan hingga penutupan pendaftaran pada pukul 00.00 wib nanti,” kata Sujadi.

Terkait 2 parpol yang dikembalikan berkasnya yakni Partai Hanura dan Partai Berkarya untuk selanjutnya diperbaiki.

“Kami tunggu yang masih ingin mendaftarkan kepesertaannya kepada kami. Dan setelah itu, baru kami akan melaksanakan penelitian administrasi untuk mengetahui kelengkapan administrasi keanggotaannya secara online,” pungkasnya. (Budi)