Dewan Pers Verifikasi Perusahaan Media dan Organisasi Wartawan

oleh
Safari Jurnalistik yang digelar Dewan Pers di Pontianak

PONTIANAK – Perwakilan Dewan Pers, Hendry Chairuddin Bangun, di Pontianak menerangkan, jika saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi perusahaan media dan organisasi wartawan di Indonesia.

“Sesuai peraturan dewan pers no 1 tahun 2010, mengharuskan perusahaan media dan organisasi wartawan mensertifikasi staf atau anggotanya,” ujarnya saat memberikan materi dalam Safari Jurnalistik di Pontianak, Senin (16/10/17).

Menurutnya, batas waktu verifikasi adalah sampai 30 Desember 2018. Sehingga mulai 1 januari 2019, Dewan Pers akan mengeluarkan daftar media yang terverifikasi dan yang tidak terverifikasi.

“Perusahaan pers akan lulus verifikasi apabila menaati Standar Perusahaan Pers, Kode Etik Jurnalistik, Standar Kompetensi, dan Standar Perlindungan Wartawan,” katanya.

Lanjut Hendry, jika media sudah terverifikasi, maka media dipermudah menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta.

“Wartawan media terverifikasi, diprioritaskan untuk mendapat akses informasi dan dilayani dalam kasus sengketa pers yang ditangani Dewan Pers,” tutupnya. (Budi).