Tim Terpadu Polsek Sepauk Ingatkan Warga Sanksi Hukum Pelaku Karhutla

oleh
Tim terpadu Polsek Sepauk Ingatkan Warga Sanksi Hukum Pelaku Karhutla

SINTANG – Untuk mengurangi dampak yang disebabkan kebakaran hutan dan  lahan (Karhutla), tim terpadu Polsek Sepauk Sintang, Kalbar  melakukan  sosialisasi  Karhutla kepada masyarakat Desa Serang Setambang, Minggu  (15/10/17) .

“Kami melaksanakan kegiatan sosialisasi dan imbauan karhutla dengan cara memberikan informasi tentang sanksi hukum yang akan diterima, jika melakukan pembukaan Hutan dan lahan dengan cara membakar,” kata Kapolsek Sepauk, Iptu Oscar Hardyan.

Kegiatan itu dilakukan guna mengingatkan kembali kepada masyarakat, agar jangan membuka lahan pertanian dengan cara membakar, karena ada ancaman hukumnya seperti tertuang dalam Undang-undang No. 41 tahun 1999 tentang kehutanan pasal 50 ayat (3) huruf d , pasal  78 ayat (3) , pasal 78 ayat (4) dimana pelaku pembakaran hutan dan lahan akan dikenakan ancaman hukum pidana penjara dan denda.

“Setelah rutin dilakukan kegiatan sosialisasi dan imbauan karhutla, Alhamdulillah masyarakat di desa Serang Setambang jadi lebih mengerti dan paham, serta mereka  berjanji tidak akan membuka lahan  pertanian dengan cara membakar,” ucapnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, akan rutin dilaksanakan dan akan dijadikan program Polsek bersama tim terpadu.

“Ini merupakan cara kita  untuk mengingatkan kembali bahaya dan dampak buruk yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan,” pungkasnya. (Andi)