Lihat Meriahnya Festival Arakan Pengantin di Jalan Ahmad Yani Pontianak

oleh
Arakan Pengantin di Jalan Ahmad Yani Pontianak dalam rangka Hari Jadi kota Pontianak ke-246

PONTIANAK – Berbeda dibandingkan tahun lalu, pelaksanaan Festival Arakan Pengantin rangkaian HUT Kota Pontianak ke – 246, tahun 2017 ini digelar tanpa adanya pasangan nikah massal.

Meskipun demikian, pelaksanaan arakan keindahan pengantin Melayu pontianak yang telah ditetapkan menjadi warisan tak benda oleh Direktorat Jendral kebudayaan ini, tetap menjadi pesona dan data tarik bagi masyarakat Pontianak dan Kalimantan Barat pada umumnya.

Sedangkan peserta tidak saja berasal dari Kota Pontianak, tetapi juga dari kabupaten lain. Berdasarkan pantauan B-ONETV, Minggu (15/10/17), arakan ini diikuti utusan Kecamatan se-Pontianak, ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kota Pontianak, utusan Bank Kalbar dan perwakilan Kabupaten Kayong Utara hadir sebagai peserta.

Untuk rute sendiri, dimulai pukul 06.00 WIB, dimulai dari halaman Musem Kalbar menuju/berakhir di halaman Masjid raya Mujahidin.

Baca : Tahun Depan Festival Arakan Pengantin Bakal Penuh Kreasi

Dan iringan rombongan pengantin ini layaknya arakan pengantin sebenarnya, selain pengantin, juga pengantar musik tar dan tanjidor, pembawa Pokok Telok, pohon manggar, barang hantaran, yang ke semuanya berpakaian khas Melayu, yakni telok belanga bagi pria dan berbaju kurung bagi wanita.(Budi)