Cegah Kanker Serviks, ASN Wanita di HSU Bakal Jalani Tes

oleh
Ilustrasi

AMUNTAI- Semua Aparatur Sipil Negara (ASN), wanita se Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan akan mengikuti deteksi dini Kanker Serviks. Dalam rangka mewujudkan wanita indonesia bebas kanker melaui tes IVA dan SADANIS.

Kabid Pengedalian dan Penyakit dan Penyehatan (P2P) Dinkes Kabupaten HSU Masbudinat mengatakan, deteksi dini ini berdasarkan surat edaran Menkes RI tentang deteksi dini kanker serviks dan payudara bulan Oktober 2017.

Pemeriksaan ini IVA dan Sadanis ini dimulai dari Kejaksaan Negeri HSU, melalui ikatan Adhyaksa Dharmakarini melakukan tes Iva dan Sadani bekerjasama dengan BPJS, Dinkes HSU dan Puskemas Sungai Karias.

“Peserta yang mengikuti iva dan sadani sebanyak 55 orang,” katanya

Ia mengimbau kepada seluruh kaum hawa yang menjadi ASN yang berusia 30-50 tahun agar memeriksakan di Puskemas terdekat se-kabupaten HSU.

“Jadi sasaran kepada seluruh ASN yang memiliki BPJS, sebagian kaum hawa ada yang merasa takut dan malu untuk memeriksakan iva dan Sadanis ini. Jadi kita utamakan dulu ASN dan istri ASN, yang memiliki BPJS,” tuturnya. (ysf)