Pembayaran Ganti Rugi Lahan Desa Liju, Dianggarkan Tahun 2018

oleh
Yaser Arafat kepala dinas perumahan rakyat, kawasan pemukiman dan pertanahan Barut

MUARA TEWEH – Masyarakat Desa Liju, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah berharap cemas. Pasalnya, lahan warga yang terkena bangunan bendungan hanya sebagian saja yang dilakukan pembayaran.

Sementara sisanya masih belum jelas. Hal ini karena ada permasalahan mengenai kepemilikan. Sehingga pembayaran tersebut, ditunda sambil menunggu keabsahan dan penganggaran berikutnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Barut, Yaser Arafat, selesai menghadiri paripurna di gedung DPRD mengatakan, pembayaran hak warga memang sudah dimasukan dalam anggaran tahun 2018.

“Insya Allah tahun depan sudah kita lakukan pembayaran, karena kita masukan dalam anggaran sesuai dengan besarannya,” kata Yaser Arafat.

Menurutnya, pembayaran yang akan dilakukan juga berdasarkan kebasahan lahan, seperti adanya sertifikat dan hak kepemilikan. Bila tidak ada seperti yang sudah ditentukan, maka pembayaran tidak bisa dilakukan. Karena ditakutkan menyalahi aturan apa yang sudah ditentukan.

“Jadi, mengenai surat kepemilikan yang sudah kami terima. Akan diverifikasi lagi apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau sebaliknya,” tambahnya.

Sebelumnya ada salah seorang warga masyarakat yang menyerahkan sertifikat kepemilikan dengan jumlah tiga belas persil. Kalau ditotal jumlah hampir satu miliar rupiah. Dengan jumlah ini juga nantinya harus dianggarkan.

Selain itu, ada juga kepemilikan lain, tapi jumlahnya masih dihitung. Karenanya semua pemilik lahan nantinya akan mendapatkan haknya sesuai dengan bukti kepemilikan dan dibenarkan oleh hukum.

Oleh karena itu, lanjut ketua PHBI Barut ini, pembayaran nanti dilakukan secara cermat dan yang pasti sesuai dengan hukum dan perundang undangan yang berlaku. Sebab pihakanya tidak mau lagi ada permasalahan dikemudian hari.

“Masalah pembayaran, kita lakukan tahun depan, karena anggaran baru kita susun,” pungkasnya. (Bani)