Layanan Kesehatan Prima Untuk Atlet Kotabaru

oleh
Tim medis Kotabaru berikan pengarahan kepada atlet

KOTABARU – Tim medis Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, pastinya akan melakukan layanan prima terhadap kontingen atlet yang mengikuti Porprov X Tabalong. Tak banyak yang mengetahui hal tersebut, karena konsentrasi tertuju bagi para kontingen yang bertanding.

Syafarudin Syukur SKM, salah seorang tim medis Kotabaru mengatakan, pihaknya mengirim delapan orang diantaranya 2 dokter, 5 perawat dan 1 orang tukang urut.

“Kapanpun atlet perlu kami, pukul berapa saja akan diupayakan dengan baik, dalam memberikan pelayanan prima yang memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami,” katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (13/10/17).

Menurutnya, ada 4 atlet Kotabaru yang dirujuk ke Rumah Sakit Tabalong, diantaranya atlet pencak silat karena mengalami gangguan tulang siku bagian kiri, atlet karate luka pada pelipis, kemudian beberapa ada atlet Cabor atletik yang kejatuhan tabung oksigen, serta atlet kempo yang dilarang bertanding lantaran dinilai memiliki resiko.

“Atlet kempo sudah kami rujuk ke rumah sakit untuk diperiksa karena bentuk pergelangan tangan kirinya, sehingga tidak boleh tanding karena beresiko mengalami patah tulang dan itu yang dihindari,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, penyakit yang menyebabkan atlet sakit karena pengaruh kelelahan sehabis bertanding, perjalanan jauh, cuaca di lapangan dan makan sembarangan atau jajan sehingga menyebabkan radang tenggorokan dan batuk. Sementara untuk kendala utamanya adalah sulitnya mencari lokasi saat atlet memerlukan penanganan medis.

“Disamping itu, karena kami tidak memiliki catatan medis atlet juga menyulitkan,” tuturnya.

Kendati demikian, pihak tetap bekerja untuk menjaga kesehatan kontingen agar selalu sehat dan fit dengan harapan membawa medali serta membuat daerah bangga. (Yh)