Kamar Kos Pengoplos Elpiji di Palangka Raya Digerebek Polisi

oleh
Kepolisian membawa tabung gas sebagai barang bukti

PALANGKA RAYA – Jajaran Polres Kota Palangka Raya berhasil mengamankan dua pelaku pengoplos gas elpiji ukuran 3 kilogram, di Jalan Buluh Merindu III Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (13/10/17). Dua kamar kos dijadikan pelaku masing-masing berinisial AM dan SM sebagai gudang penyimpanan hasil kejahatan.

“Setelah mendapat laporan dari masyarakat, kami langsung melakukan lidik dan mengamankan keduanya. Ternyata mereka sudah melakukan praktik ini selama 5 bulan, dengan memindahkan isi gas subsidi ke tabung 12 kilogram,” ungkap Wakapolres Palangka Raya, Kompol Bronto.

Para pelaku memanfaatkan situasi kelangkaan gas elpiji, untuk meraup keuntungan, dengan mengoplos gas bersubsidi ke 12 kilogram, yang dijual ke pangkalan dibawah harga standar.

Saat digerebek, polisi menemukan 44 tabung gas ukuran 3 kilogram, yang isinya telah dipindahkan tabung ukuran 12 kilogram dan satu selang regulator.

Polisi kemudian mengamankan satu unit mobil pikap dan satu unit sepeda motor, yang digunakan sebagai tranportasi. Selain itu juga mengamankan selang regulator serta puluhan tabung elpiji yang sudah dioplos.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat UU perlindungan konsumen dan UU migas, dengan ancaman pidana 5 tahun penjara. (tva)