Ini Empat Parpol yang Salinannya Dinyatakan Lengkap oleh KPU Palangka Raya

oleh
Harmain Ibrohim, Anggota KPU Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Sejak 3 Oktober hingga saat ini, 4 partai politik yakni Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Amanat Nasional (PAN), sudah menyerahkan berkas salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) secara lengkap, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangkaraya Raya, Kalimantan Tengah. Padahal batas terakhir 16 Oktober pukul 24.00 WIB.

“Nasdem sudah lengkap dan bisa diterima. Sedangkan PDI-P, ada beberapa kekurangan seperti fotokopi KTP dan KTA sebagaimana di sipol, tapi langsung diperbaiki dan dikembalikan hari ini juga,” ungkap Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, KPU Palangka Raya, Harmain Ibrohim, Jumat (13/10/17).

Sedangkan beberapa hari lalu, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), sudah menyerahkan berkas, tetapi dikembalikan kembali untuk dilengkapi dan diperbaiki.

Pasalnya saat dicocokkan data faktual yang disampaikan dengan data yang diinput pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU RI, ternyata masih ada yang tidak sesuai, sehingga akhirnya dikembalikan.

Harmain menjelaskan, setiap parpol harus menyerahkan salinan ke KPU Palangka Raya, minimal sebanyak 258 per 1000 dari jumlah penduduk. Tetapi masih saja ada parpol yang  berkasnya belum dilengkapi dan tidak sesuai dengan data yang diunggah ke Sipol.

“Jadi 4 parpol yang telah menyerahkan salinan KTA dan KTP elektronik atau suket, setelah diperiksa jumlahnya lengkap dan bisa ke tahap selanjutnya yaitu verifikasi administrasi,” imbuhnya. (tva)