Hujan Deras, Sejumlah Desa di Murung Raya Terendam Banjir

oleh
Sejumlah Tim Reaksi Cepat BPBD Murung Raya evakuasi warga

MURUNG RAYA – Tingginya curah hujan yang turun mulai sejak Kamis (12/10/17) dini hari hingga siang hari membuat akses jalan menuju Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah terputus akibat luapan Sungai Manawing.

Anggota tim Reaksi Cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya, Rofiq saat dihubungi via telepon mengatakan akibat luapan Sungai Manawing tersebut beberapa desa yang berada di jalur menuju Kecamatan Tanah Siang Selatan terendam banjir hingga lebih dari satu meter.

“Banjir berada di Desa Dirung Lingkin yang menurut penuturan warga sekitar terjadi sejak pagi saat dan tingginya diatas pinggang orang dewasa,” ungkap Rifiq yang mengaku masih berada di lokasi banjir, Kamis (12/10/17) sore.

Ditambahkan Rofiq juga hingga sore hari ketinggian banjir di Desa Dirung Lingkin hanya sedikit mengalami penurunan dan diperkirakan akan masih berlangsung.

Sementara itu, Irus warga Kota Puruk Cahu mengatakan terpaksa harus memutar arah saat akan melewati Desa Dirung Lingkin karena tingginya genangan banjir.

“Terpaksa tadi memutar arah karena tidak ada perahu yang biasanya ada melayani warga untuk menyeberang banjir,” ungkap Irus. (Supri)