Polisi Bekuk Pengedar ‘Upal’ di Pontianak Timur

oleh
Pelaku pengedar Uang Palsu

PONTIANAK – Berbekal uang palsu (Upal) yang didapat dari Jaka warga Kampung Dalam Bugis, Pontianak Timur, Maidi alias Ucu (34) ditangkap anggota reskrim Polsek Pontianak Timur.

Maidi, pelaku diketahui mengedarkan dua lembar uang kertas palsu di salahsatu warung di Jalan Tritura Gang Harmonis, Kelurahan Tanjung Hilir,Pontianak Timur, Minggu 08 Oktober 2017.

Dua lembar Upal tersebut kata Kapolsek Pontianak Timur, Kompol Abdul Hafidz, dipergunakan sebanyak dua kali.

“Yang pertama, membeli rokok gunakan pecahan Rp100 ribu palsu di warung dekat rumahnya seharga 15 ribu dan membeli manisan seharga Rp 10 ribu yang digunakan Rp 50 ribu,” beber Kapolsek, Kamis (12/10/17).

Beredarnya uang palsu itu ungkap Kompol Abdul Hafidz, setelah korbannya datang melapor ke Polsek Pontianak Timur dengan barang bukti dua lembar uang palsu. Setelah mendapat petunjuk dan juga hasil dari penyidikan, maka diketahui lah nama pelaku yang tinggal di Gang Harmonis.

“Pada saat dilakukan pengerebekan di kediaman pelaku, pelaku tidak melakukan perlawanan dan juga ditemukan sejumlah barang bukti berupa 7 lembar uang palsu dengan total Rp.370 ribu,” paparnya.

Hasil introgasi, pelaku mengaku, mendapat Uang Palsu itu dari Jaka warga Kampung Beting yang datang ke rumahnya dan menyerahkan uang tersebut begitu saja pada pelaku.

“Untuk Jaka masih dilakukan pengembangan, namun untuk pelaku ini, dikenakan Pasal 245 KUHPidana dengan dengan ancaman diatas lima tahun karena memiliki dan menyimpan uang palsu,” terang dia. (Andi)