KPU Barito Utara Beri Arahan Syarat Pendaftaran Keanggotaan Parpol

oleh
Ketua KPU Barut, Alamsyah( baju jaket) saat melakukan pertemuan dengan para perwakilan parpol untuk berkonsultasi, Kamis (12/10/17). Foto : Ban

MUARA TEWEH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara, sebelumnya telah melaksanakan sosialisasi peserta keanggotan partai politik sebagai syarat untuk mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu pada tahun 2019 mendatang.

Ketua KPU Barito Utara, Alamsyah, Kamis (12/10/17), saat melakuan pertemuan bersama beberapa pimpinan partai di Muara Teweh mengatakan agar seluruh partai melengkapi seluruh keanggotan partai.

Menurutnya kepada B-ONETV, bahwa daftar keanggotaan yang diberikan kepada KPU harus sesuai dengan nama, kartu anggota serta urutan masing masing. Bila tidak sesuai, maka berkas dikembalikan pada partai bersangkutan.

Saat ini ada beberapa partai baru yang sudah dibentuk oleh pimpinan pusat hingga ke daerah. Karenanya sebagai syarat ikut serta Pemilu harus dilengkapi kepengurusan dan keangotaan, mulai dari tingkat kota hingga kecamatan dan desa.

Alamsyah menambahkan, bahwa KPU sejak tanggal 3 Oktober telah melakukan penerimaan berkas susunan keanggotaan partai politik. Setelah diterima dilakukan pemeriksaan, apakah sesuai dengan keanggotaan dan susunan. Bila satu saja salah, maka berkas dikembalikan untuk dilakukan perbaikan.

“Kartu anggota yang diserahkan parpol nantinya kita periksa secara menyeluruh, apakah sesuai dengan ketentuan atau sebaliknya. Bila tidak, maka kita arahkan untuk perbaikan,” ujar Alamsyah.

Parpol dipersilahkan melakukan perbaikan hingga tanggal 16 Oktober 2017, sesuai dengan rentang waktu yang sudah ditentukan. Bila tidak bisa, maka parpol tersebut tidak berhak mengikuti Pemilu tahun 2019 mendatang.

“Karena ini syarat kepesertaan pemilu maka wajib bagi partai menyerahkan keanggotaan secara benar. Bila salah, rentu konsekuensinya tidak ikut dalam Pemilu,” tegasnya.

Agus Susilasani, Ketua DPD Partai Nasdem Barito Utara mengatakan, bahwa untuk partainya berkas sudah lengkap sesuai dengan apa yang disampaikan oleh KPU saat sosialisasi.

Kelengkapan berkas memang jauh hari sudah disiapkan, apalagi partai Nasdem sudah pernah ikut Pemilu. Saat ini hanya melakukan koreksi apakah sudah sesuai dengan ketentuan oleh KPU.

“Hari ini kita sudah konsultasi dengan KPU, dan ternyata tidak ada masalah. Insya Allah besok jumat kita akan mendaftarkannya,” pungkas anggota DPRD Provinsi Kalimantan tengah ini. (Ban)