Enam Desa di Kecamatan Gunung Timang Akan Terang Benderang

oleh
Bupati Barut, H. Nadalsyah saat peresmian listrik Desa bersama manager area Kuala Kapuas Moch Rochim, Kepala Ranting PLN Muara Teweh, Permono Gunawan, Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf. Adhi Giri Ibrahim di Desa Ketapang Kecamatan Gunung Timang

MUARA TEWEH – Listrik di enam desa yang berada di Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah diresmikan PT. PLN (Persero) WKSKT Area Kuala Kapuas Rayon Muara Teweh.  Diperkirakan 650 kepala keluarga akan menjadi pelanggan PLN.

“Elektrifikasi biaya yang dikeluarkan PLN adalah Rp 23 juta per pelanggan,” ungkap Manager Area Kuala Kapuas, Moch. Rochim.

Menurutnya, dalam pemenuhan kebutuhan listrik untuk warga, tentu bukan hal yang murah, karena PLN telah mengalokasikan dana sangat tinggi untuk listrik desa di Barut dalam dua tahun  terakhir, yaitu 30 persen dari  total Provinsi Kalimantan tengah dengan nilai sebesar Rp50,4 Miliar.

“Ini bukti komitmen PLN menerangi negeri untuk kehidupan yang lebih baik. Sehingga, PLN tidak hanya berpikir benefit, tetapi juga membangun Barito Utara untuk menjadi lebih baik,” tegasnya.

Untuk itu, PLN mengimbau partisipasi masyarakat yang lebih besar lagi untuk menjaga aliran listrik jangan sampai terganggu, yaitu merelakan tanaman yang tumbuh mendekati kabel agar dapat ditebang tanpa syarat dan pengecualian.

“Tanpa dukungan penuh masyarakat, maka PLN akan menjadi sulit merealisasikannya. Dan dengan diresmikannya listrik desa ini, Insya Allah taraf kehidupan dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat serta dapat berhemat,” katanya.

Apalagi masyarakat tidak perlu lagi menghidupkan genset pada malam hari, karena cukup menekan tombol rumah akan benderang.

“Bersama masyarakat, PLN dan Pemerintah Barut akan terus berusaha menerangi desa-desa lainnya,” ujar Rochim.

Sementara kepala PLN ranting Muara Teweh, Permono Gunawan kepada B-ONETV, Kamis (12/10/17) mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan pemasangan jaringan di wilayah Kecamatan Gunung Timang, yaitu dari Desa Kandui hingga wilayah Batu Raya.

Menurutnya, bahan material tiang beton sudah didatangkan dan kemudian dilakukan pemasangan hingga sampai wilayah pelosok. Karena sesuai dengan komitmen PLN adalah mencari pelanggan baru.

“Sesuai dengan komitmen kita pada Hari Listrik Nasional yaitu menerangi negeri untuk kehidupan yang lebih baik,” pungkasnya. (Bani)