PDI Perjuangan Pontianak Serahkan Berkas ke KPU

oleh
Ketua DPC PDI Perjuangan Pontianak Satarudin

PONTIANAK – Pengurus DPC PDI Perjuangan kota Pontianak menyampaikan berkas keikutsertaan Partai Politik peserta Pemilu 2019 di kantor KPUD Kota Pontianak, Rabu siang (11/10/17).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pontianak, Satarudin memimpin langsung penyerahan berkas kepada KPUD kota Pontianak.

Usai melakukan penyerahan berkas, Satarudin mengatakan secara umumnya penyerahan berkas itu, tidak ada kendala an berjalan lancar. Hanya saja ada sejumlah perbaikan yang harus diselesaikan oleh pihaknya menyusul ada sejumlah koreksi yang diberikan oleh KPUD kota Pontianak.

“Akan ada perbaikan yang akan kami lakukan. Tapi untuk semua persyaratan kami DPC PDI Perjuangan Pontianak lengkap. Bisa dibuka di Sipol KPU tentang syarat-syarat pendaftaran Partai Politik. Syarat-syarat ini kan bukan hanya KTA. Tapi ada beberapa syarat lainnya,” ujar Satarudin kepada awak media.

Pria yang saat ini menjabat ketua DPRD kota Pontianak ini menegaskan, ada catatan yang diberikan oleh KPU hanyalah daftar nama pengurus saja, dan pihaknya akan segera memperbaiki berkas tersebut.

“Yang pasti untuk syarat ini kami sudah lengkap,” tegas pria yang mencalonkan sebagai Calon Wali Kota Pontianak itu.

Sementara itu, Ketua Divisi Hukum KPU Kota Pontianak, Hepni Supari membenarkan ada sejumlah catatan yang harus diperbaiki oleh pengurus DPC PDI Perjuangan kota Pontianak. Salahsatunya adalah perbaikan daftar nama yang harus disingkronkan.

“Kalau kita lihat di Sipol semua udah terinput, hanya bagaimana membuat antara daftar nama, KTA dan KTP elektronik itu singkron. Itu tidak banyak, memerlukan waktu sebentar saja,” kata Hepni.

Kata Hepni DPC PDI Perjuangan saat itu menyerahkan 1625 nama anggota pengurus kepada KPU Pontianak, namun setelah dilakukan verifikasi data yang memenuhi syarat hanya 628 nama. Untuk itulah perlu adanya perbaikan untuk memenuhi persyaratan KPU yakni 655 nama yang singkron atau valid.

KPU sendiri melakukan penerimaan penyerahan berkas hingga 16 Oktober 2017, dan akan menerima perbaikan persyaratan oleh Partai Politik peserta pemilu yang mendaftar ke KPU. DPC PDI Perjuangan Pontianak menjadi Partai Politik peserta pemilu kedua yang menyerahkan berkas ke KPU.  (dd)