KPUD Banjar Tolak Data Faktual Perindo dan PSI

oleh
Ketua KPUD Kabupaten Banjar, Fajri

MARTAPURA – KPUD Kabupaten Banjar hingga hari ini, Rabu 11 Oktober 2017 masih belum menerima data faktual dari partai calon peserta pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPUD Kabupaten Banjar, Fajri saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“Sampai hari ini (Rabu-red) belum ada partai calon peserta pemilu yang menyampaikan data faktual yang dapat diterima,” ungkapnya.

Sebelumnya, lanjutnya ada 2 partai yang datang untuk menyampaikan data faktual, yaitu partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), namun saat dicocokkan data faktual yang disampaikan dengan data yang diinput pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU RI masih ada yang tidak sesuai maka kami kembalikan, bebernya.

“Iya, Perindo dan PSI sempat datang menyampaikan data faktual tapi masih ada yang tidak sesuai baik dari KTA ataupun KTP pendukung partai,” ucapnya.

Fajri juga mengaku sudah melakukan antisipasi jika nanti partai-partai datang secara bersamaan untuk menyampaikan data faktual pada akhir masa pendaftaran 16 Oktober 2017 mendatang, lanjutnya.

“Kami akan siapkan tenaga tambahan untuk mengantisipasi partai-partai datang bersamaan diakhir waktu pendaftaran, soalnya untuk menyesuaikan data faktual dengan data sipol secara manual,” bebernya.

Sementara itu terkait dualisme kepengurusan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fajri mengaku akan mengikuti arahan dari KPUD Provinsi Kalimantan Selatan dan KPU RI, serta mengacu pada Sipol, apabila pada sipol kedua kubu diberi akses maka akan kami terima penyampaian data faktualnya, jelasnya.

“Khusus untuk PPP kami menunggu arahan dari atas dan juga mengacu ke Sipol kalau keduanya ada maka akan kami terima penyampaian data faktualnya apabila mereka datang mendaftar,” pungkasnya.(pri)