Komunitas Peduli Lingkungan Ikut Lomba Susur Sungai Kahayan

oleh
Plt Sekda Kalteng, H Mugeni memasangkan jaket pelampung kepada peserta lomba susur sungai

PALANGKA RAYA – Sebanyak 15 komunitas peduli lingkungan dari Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, ikut ambil bagian dalam lomba susur sungai Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNK-PA), di kawasan Sungai Kahayan Palangka Raya, Selasa (10/10/17).

Sepanjang 15 kilometer, dengan menggunakan kelotok, mereka melakukan identifikasi, catatan dan membuat kesimpulan tentang kondisi Sungai Kahayan saat ini, dari hasil susur sungai yang telah mereka lakukan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan terus berlanjut tidak hanya di Sungai Kahayan saja, tetapi 11 sungai besar yang ada di Kalteng. Tujuannya untuk menggugah rasa kesadaran masyarakat, sehingga dapat menjaga sumber air,” kata Kepala Balai Sungai Wilayah Kalimantan II, Fery Moun Hepi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalteng, Leonard S Ampung mengakui, dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk dan tingginya aktivitas warga, dapat berimbas terhadap degradasi kualitas air sungai.

Namun dengan adanya gerakan tersebut, setidaknya dapat menggugah melalui pionir kelompok masyarakat khususnya generasi muda agar lebih peduli terhadap kondisi sungai dan bisa menyampaikan kepada seluruh masyarakat pentingnya sungai sebagai sumber kehidupan manusia.

Plt Sekda Kalteng, H Mugeni yang juga merupakan Ketua Nasional GNK-PA, sangat menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. Setidaknya minimal tiga kali dalam setahun, di lokasi yang berbeda. (tva)