Dukcapil Palangka Raya Sudah Cetak 9.484 Keping e-KTP

oleh
Lukmanul Hakim, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Dari data Dinas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, hingga 18 April 2017, dari 10 ribu keping blangko e-KTP, sebanyak 9.484 keping telah dicetak.

“Sisa yang belum dicetak 512 keping, masih dalam proses pencetakan, sedangkan 32 keping rusak,”kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kota Palangka Raya, Lukmanul Hakim, Senin (09/10/17).

Diungkapkan Lukman, pihaknya juga telah mengusulkan penambahan blangko sebanyak 23 ribu lebih. Tapi biasanya usulan tersebut tidak semuanya disetujui. Seperti halnya saat mengajukan sebanyak 24 ribu keping, yang disetujui hanya 10 ribu saja.

Dalan sehari Disdukcapil hanya bisa melakukan perekaman e-KTP hanya 100 keping saja. Hal ini karena masih keterbatasan alat. Apalagi saat ini perekaman yang biasanya dapat dilakukan di 5 kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya, untuk sementara ini dialihkan ke Disdukcapil. Pasalnya alat di kecamatan ada alat yang rusak dan tidak ada jaringan lisrtik.

Ditambahkan Lukman, untuk ikut menyukseskan jalannya pelaksanaan Pilwakot, pihaknya akan melakukan jemput bola dengan menyasar pemilih pemula di sekolah-sekolah, tetapi hanya Sabtu dan Minggu. Namun jika e-KTP belum bisa dicetak, pemilih dapat menggunakan surat keterangan.(tva)