Sejumlah Produk Unggulan Dipamerkan di HPS Tingkat Kalteng

oleh
Sekretaris Daerah Barut Jainal Abidin bersama Iwan Rusdani dan beberapa orang stap saat pembukaan pameran hari pangan sedunia di Kota Sampit Kabupaten Kota Waringin Timur, Minggu (08/10/17).

MUARA TEWEH – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, telah melaksanakan kegiatan pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) dimana penyelenggaraan diikuti empat belas Kabupaten dan Kota dan dibuka secara resmi, pada Minggu (08/10/17).

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Barito Utara, Iwan Rusdani kepada B-ONETV mengatakan, dalam pameran Hari Pangan Sedunia ke-37, pihaknya telah menampilkan produk unggulan hasil pangan.

Menurutnya, produk unggulan yang dipamerkan seperti hasil pertanian, diantaranya padi, jagung hasil diverifikasi produksi tanaman lokal sebagai pengganti makan beras.

Dijelaskannya pula, tujuan umum hari pangan sedunia ke-37 di Sampit Kota Waringin Timur, untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup, beragam dan bergizi. Baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

Sedangkan tujuan khusus, yaitu memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka mempertahankan pangan nasional.

Menurutnya, kegiatan ini juga untuk menstimulasi dan memotivasi stakeholder dalam berpartisipasi aktif membangun ketahanan pangan dan penyebaran teknologi, yang efektif dan efisien untuk meningkatkan produk pangan.

“Tema yang diangkat dalam hari pangan sedunia adalah menggerakan generasi muda dalam membangun pertanian menuju Indonesia lumbung pangan dunia. Adapun tema provinsi yaitu Sukseskan program Kalteng berdaulat pangan, untuk menuju Kalimantan Tengah Berkah,” kata mantan Kadishutbun Barut ini.

Dijelaskannya pula, pameran dan bazar murah merupakan ajang promosi bagi daerah dalam upaya menggalang kebersamaan daerah dalam mengembangkan pangan lokal potensial bagi peserta, salah satunya adalah kabupaten Barito Utara.

“Acara puncaknya dilaksanakan pada minggu yang dibuka secara langsung oleh bapak gubernur kalimantan tengah Sugianto Sabran,” tandas Iwan Rusdani. (Bani)