Warga Sanggau Gempar, Harta Karun Usia Ratusan Tahun Ditemukan di Areal Pembangunan Masjid

oleh
Warga saat menemukan barang antik yang di dalam tanah

SANGGAU – Warga Dusun Ubay, Desa Kedukul, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat dihebohkan dengan penemuan ‘harta karun’ berusia ratusan tahun, Jumat (06/10/17) sekitar pukul 16.00 Wib.

Penemuan barang antik tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Kedukul, Jamilhan saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (07/10/17) siang. Diduga, barang antik tersebut berusia ratusan tahun.

“Ini bukan pertama kali warga menemukan barang antik, sudah sering, dulu pernah ditemukan piring antik,” kata Jamilhan.

Kronologis penemuan dijelaskannya, warga Dusun Ubay hendak kerja bhakti membangun masjid Al-Khair. Pada suatu lokasi sekitar pukul 16.00 Wib di lokasi gusuran untuk pembangunan masjid di dusun yang lokasinya persis dekat tower di Dusun Ubay, warga tidak sengaja menemukan barang antik. Jamilhan menjelaskan, lokasi penemuan merupakan kawasan Melayu Tua di zaman belanda.

“Kalau kita dengar cerita para orang tua dulu, lokasi penemuan itu kawasan Melayu Tua yang banyak menyimpan barang-barang antik, mungkin zaman belanda dulu banyak yang lari lalu ditimbuslah barang-barang antik di dalam tanah,” ungkapnya.

“Daerah tu dak heran bah bang, sekitar 50 hektar kawasan itu memang banyak barang antik, sudah sering gak warga nemu barang antik disitu,” jelasnya.

Barang antik yang ditemukan warga, lanjutnya, ada yang masih dalam kondisi utuh dan ada yang sudah dalam kondisi pecah belah.

“Kalau nanti para wartawan ke Ubay, nanti bisa kami tunjukan barang-barang yang sudah ditemukan,” katanya.

Ia mengaku saat ini barang antik yang ditemukan warga sudah disimpan oleh warga yang menemukan dan belum dilaporkan ke Dinas terkait.

“Kalau yang utuh disimpan warga yang nemukan, sementara yang pecah dibiarkan di lokasi,” bebernya.