Warga Pontianak Diimbau Waspadai DBD

oleh
Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono

PONTIANAK – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengimbau kepada masyarakat mewaspadai penyakit di kala musim hujan.

Menurut dia, musim peralihan dari cuaca panas ke penghujan itu, sangat rentan munculnya penyakit musiman, seperti Demam Berdarah, Diare dan lainnya. Untuk itu masyarakat harus tetap menjaga pola hidup sehat di lingkungannya masing-masing.

“Ini musim hujan nyamuk Aides Aegipty berkembang biak. Ini dilihat dari kasus yang ada di rumah sakit, ada gejala DBD. Terutama yang rentan anak-anak. Kita mengajak masyarakat untuk mewaspadai,” ujar Edi Kamtono, di Pontianak, Sabtu (07/10/17).

Pemerintah kota Pontianak dalam mengantisipasi penyebaran DBD sudah melakukan berbagai langkah. Salahsatunya adalah adanya bantuan Larva atau Jentik yang dapat memakan Larva sumber munculnya nyamuk tersebut.

“Tapi yang paling penting, pola hidup sehatlah. Kalau ada drum, kaleng atau genangan di sekitar rumah kita itu dibersihkan. Kolam ikan dikasi abate. Agar nyamuk tersebut tidak berkembang biak,” pesan Edi Kamtono.

Selain itu, lanjut Edi, Pemerintah melalui Dinas Kesehatan juga melakuakn Fogging ke permukiman warga, untuk mencegah dan mematikan perkembangbiakan nyamuk tersebut. (Dede)