Imigrasi Pontianak Perketat Pengajuan Pembuatan Paspor, Ini Penyebabnya..

oleh
Ilustrasi paspor

PONTIANAK – Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat memperketat pengajuan pembuatan pasport. Langkah ini dilakukan, untuk meminimalisir penyalahgunaan paspor sebagai satu diantara syarat pengiriman calon tenaga kerja indonesia (TKI) ke luar negeri.

“Pengajuan paspor untuk warga negara yang ingin bekerja ke luar negeri, harus memenuhi sejumlah syarat khusus. Antara lain, adanya surat rekomendasi berupa izin kerja dari Dinas Tenaga Kerja, menyertakan nama serta nomor telepon pihak yang akan dikunjungi, “ ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak, Husni Thamrin saat dihubungi via telpon, sabtu (07/10/17).

Sedangkan jika alasan pembuatan paspor untuk kunjungan wisata, kata Husni, maka pihak imigrasi juga meminta pemohon menyertakan nama hotel serta waktu kunjungannya. Menurut Husni, langkah ini dilakukan semata-mata untuk meminimalisir penyalahgunaan pasport sebagai syarat kunjungan ke luar negeri.

“Meski pada perjalanannya, imigrasi kerap mendapat komplain dari masyarakat, tapi tetap kita lakukan agar paspor tidak disalah gunakan,” tegasnya.

Dibagian lain, mengingat tahun ini DPR RI tengah menggodok Revisi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang perlindungan TKI, maka dirinya pun berharap agar undang-undang tersebut mengakomodir sejumlah persoalan, antara lain, terkait penerbitan pasport yang saat ini bisa dilakukan di seluruh kantor imigrasi.

“Saya kira, kebijakan tersebut kerap disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, oleh karena itu, kedepan pihak imigrasi akan memperketat penerbitan paspor, dengan menerbitkan paspor berasarkan KTP atau domisili si pemohon,” pungkasnya. (Budi)