Operasi Bibir Sumbing di HUT TNI ke72

oleh
Bupadi dan Dandim meninjau pelaksanaan operasi bibir sumbing

MUARA TEWEH – Di Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 72, selain melaksanakan upacara, juga dirangkai dengan kegiatan bhakti sosial, diantaranya operasi bibir sumbing dan operasi katarak. Kegiatan ini dilaksanakan bersama Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan rumah sakit setempat.

“Untuk yang keempat kalinya, operasi bibir sumbing ini kita dilaksanakan dalam kurun waktu beberapa tahun. Dan hasilnya tentu saja untuk membantu warga,” ungkap Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, H. Nadalsyah disela-sela memantau kegiatan operasi.

Dengan mengambil momentum peringatan hari jadi TNI ini, pemerintah daerah bersama Kodim 1013 Muara Teweh, telah melaksanakan kegiatan operasi. Dimana penjaringan pasien sebelumnya telah diumumkan kepada warga.

“Jika dibandingkan dengan waktu pertama kali dilaksanakan, jumlah pasien saat ini semakin sedikit. Sebab penderita bibir sumbing semakin berkurang,” katanya.

Menurutnya, pemerintah menanggung seluruh biaya operasi para pasien mulai dari kedatangan hingga pemulangan, serta biaya konsumsi selama di Muara Teweh.

Sementara Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim mengatakan, tidak hanya warga Kabupaten Barut yang mengikuti operasi ini, namun warga Kabupaten Murung Raya juga terdata. Sebab Kodim Muara Teweh, membawahi daerah tersebut.  (Bani)